Kamis, 01 Oktober 2015

PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

LAPORAN HASIL
PENELITIAN PEMBELAJARAN


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN
JAM ANALOG MODIFIKASI PADA SISWA KELAS
VI SDN 2 PALAM KECAMATAN CEMPAKA
KOTA BANJARBARU PADA TAHUN
PELAJARAN 2015/2016




Disusun untuk persyaratan Lomba Kreatifitas Guru Tahun 2015








Oleh
AGUS SUPRIANTO, S.Pd
NIP. 198008182009031003






DINAS PENDIDIKAN KOTA BANJARBARU
SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 2 PALAM
KEC. CEMPAKA KOTA BANJARBARU
KALIMANTAN SELATAN
TAHUN 2015





ABSTRAK

Agus Suprianto, S.Pd. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Jam Analog Modifikasi Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Palam Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru Pada Tahun Pelajaran 2015/2016.



Kata kunci: media pembelajaran jam analog modifikasi, hasil belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris melalui penggunaan media pembelajaran jam analog modifikasi pada siswa KELAS VI SDN 2 Palam tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas dilakukan selama 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VI semester ganjil SDN 2 Palam dan objek penelitiannya adalah hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran jam analog modifikasi yang langkah-langkah kegiatannya guru melakukan kegiatan sebagai berikut: (1) Mengucapkan salam, meminta salah satu siswa memimpin doa,  mengabsen, mengingatkan kembali pelajaran yang lalu, menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut;(2) Memberikan informasi penting materi apa yang akan diajarkan; (3) Guru memberi tugas diskusi penulisan huruf dari angka 1 sampai dengan 60. Tugas diskusi dikerjakan oleh kelompok yang terdiri dari 3-4 orang siswa, hasil diskusi tersebut dicatat pada kertas; (4) Tiap kelompok diberi kesempatan menuliskan hasil diskusinya didepan kelas; (5) Hasil diskusi dikoreksi dan diperbaiki bersama-sama;(6) Menayangkan gambar jam analog  yang sudah di modifikasi (gambar A dan B) pada LCD Proyektor; (7) Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar melalui diskusi kelompok 3-4 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas; (8) Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan dan menuliskan hasil diskusinya didepan kelas; (9) Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa,  guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai; (10) Guru menjelaskan gambar jam yang sudah dimodifikasi tersebut, pada gambar jam tersebut terdapat tambahan angka yang menunjukkan menit. Sehingga siswa lebih mudah memahami perbedaan jam dan menit; (11) Mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari; (12) Mengakhiri pelajaran dengan memberikan penguatan materi penting dan pekerjaan rumah siswa untuk pertemuan selanjutnya, maka hasil belajar bahasa inggris dapat ditingkatkan.





DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL........................................................................................      i    
PERNYATAAN PENULIS.............................................................................      ii
PENGESAHAN KEPALA SEKOLAH...........................................................      iii
ABSTRAK.......................................................................................................      iv
KATA PENGANTAR.....................................................................................      v
DAFTAR ISI....................................................................................................      vi
DAFTAR TABEL............................................................................................      ix
DAFTAR GAMBAR........................................................................................      x
DAFTAR LAMPIRAN....................................................................................      xi

BAB I PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang......................................................................................      1
B.     Ruang Lingkup......................................................................................      2
C.     Tujuan..................................................................................................      2
D.     Manfaat................................................................................................      2
BAB II    STUDI PUSTAKA...........................................................................      4
BAB III . LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN....................................      11 
A.     Rancangan alat/bahan...................................................................      11
B.     Proses pembuatan alat/bahan........................................................      11
C.     Pembuatan manual/pedoman penggunaan alat/bahan.....................      19
D.     Prosedur penggunaan alat/bahan dalam pembelajaran....................      21
E.      Evaluasi kebermanfaatan alat/bahan..............................................      21
BAB IV LAPORAN HASIL DAN PEMBAHASAN......................................      22
A.     Deskripsi hasil pembelajaran.........................................................      22
B.     Analisis hasil pembelajaran...........................................................      28
BAB V .. PENUTUP........................................................................................      30
A.     Kesimpulan..................................................................................      30
B.     Saran...........................................................................................      31
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................      32
LAMPIRAN....................................................................................................      33
1.      Data/informasi yang relevan...................................................................      33
2.      Biodata.................................................................................................      52










BAB III
LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN

A.    Rancangan alat/bahan
Media Pembelajaran jam analog modifikasi ini dirancang dengan menambahkan angka menit pada jam analog sederhana, rancangannya adalah sebagai berikut:





Gambar 2. Rancangan Media Pembelajaran Jam Analog Modifikasi

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda