PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
LAPORAN HASIL
PENELITIAN PEMBELAJARAN
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA
INGGRIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN
JAM ANALOG MODIFIKASI PADA SISWA KELAS
VI SDN 2 PALAM KECAMATAN CEMPAKA
KOTA BANJARBARU PADA TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Disusun untuk persyaratan Lomba Kreatifitas Guru Tahun 2015
Oleh
AGUS SUPRIANTO, S.Pd
NIP. 198008182009031003
DINAS PENDIDIKAN KOTA BANJARBARU
SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 2 PALAM
KEC. CEMPAKA KOTA BANJARBARU
KALIMANTAN SELATAN
TAHUN 2015
ABSTRAK
Agus Suprianto, S.Pd. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa
Inggris Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Jam Analog Modifikasi Pada Siswa
Kelas VI SDN 2 Palam Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru Pada Tahun Pelajaran
2015/2016.
Kata kunci: media
pembelajaran jam analog modifikasi, hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Bahasa Inggris melalui penggunaan media pembelajaran jam analog
modifikasi pada siswa KELAS VI SDN 2 Palam tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas
dilakukan selama 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VI
semester ganjil SDN 2 Palam dan objek penelitiannya adalah hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran jam
analog modifikasi yang langkah-langkah kegiatannya guru melakukan kegiatan
sebagai berikut: (1) Mengucapkan salam, meminta
salah satu siswa memimpin doa,
mengabsen, mengingatkan kembali pelajaran yang lalu, menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan tersebut;(2) Memberikan informasi penting materi
apa yang akan diajarkan; (3) Guru memberi tugas diskusi penulisan huruf dari
angka 1 sampai dengan 60. Tugas diskusi dikerjakan oleh kelompok yang terdiri
dari 3-4 orang siswa, hasil diskusi tersebut dicatat pada kertas; (4) Tiap
kelompok diberi kesempatan menuliskan hasil diskusinya didepan kelas; (5) Hasil
diskusi dikoreksi dan diperbaiki bersama-sama;(6) Menayangkan gambar
jam analog yang sudah di modifikasi
(gambar A dan B) pada LCD Proyektor; (7) Guru memberi petunjuk dan memberi
kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar melalui diskusi
kelompok 3-4 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat
pada kertas; (8) Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan dan menuliskan
hasil diskusinya didepan kelas; (9) Mulai dari komentar/hasil diskusi
siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai
tujuan yang ingin dicapai; (10) Guru menjelaskan gambar jam yang sudah
dimodifikasi tersebut, pada gambar jam tersebut terdapat tambahan angka yang
menunjukkan menit. Sehingga siswa lebih mudah memahami perbedaan jam dan menit;
(11) Mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari; (12) Mengakhiri
pelajaran dengan memberikan penguatan materi penting dan pekerjaan rumah siswa
untuk pertemuan selanjutnya, maka hasil belajar
bahasa inggris dapat ditingkatkan.
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL........................................................................................ i
PERNYATAAN
PENULIS............................................................................. ii
PENGESAHAN KEPALA SEKOLAH........................................................... iii
ABSTRAK....................................................................................................... iv
KATA PENGANTAR..................................................................................... v
DAFTAR ISI.................................................................................................... vi
DAFTAR TABEL............................................................................................ ix
DAFTAR GAMBAR........................................................................................ x
DAFTAR LAMPIRAN.................................................................................... xi
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang...................................................................................... 1
B.
Ruang Lingkup...................................................................................... 2
C.
Tujuan.................................................................................................. 2
D.
Manfaat................................................................................................ 2
BAB II STUDI
PUSTAKA........................................................................... 4
BAB III . LANGKAH-LANGKAH
PELAKSANAAN.................................... 11
A.
Rancangan alat/bahan................................................................... 11
B.
Proses pembuatan alat/bahan........................................................ 11
C.
Pembuatan manual/pedoman penggunaan alat/bahan..................... 19
D.
Prosedur penggunaan alat/bahan dalam pembelajaran.................... 21
E.
Evaluasi kebermanfaatan alat/bahan.............................................. 21
BAB IV LAPORAN
HASIL DAN PEMBAHASAN...................................... 22
A.
Deskripsi hasil pembelajaran......................................................... 22
B.
Analisis hasil pembelajaran........................................................... 28
BAB V .. PENUTUP........................................................................................ 30
A.
Kesimpulan.................................................................................. 30
B.
Saran........................................................................................... 31
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................... 32
LAMPIRAN.................................................................................................... 33
1.
Data/informasi yang relevan................................................................... 33
2.
Biodata................................................................................................. 52
BAB III
LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN
A.
Rancangan
alat/bahan
Media
Pembelajaran jam analog modifikasi ini dirancang dengan menambahkan angka menit
pada jam analog sederhana, rancangannya adalah sebagai berikut:
Gambar 2. Rancangan Media Pembelajaran Jam Analog Modifikasi
Label: PENDIDIKAN
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda